Wednesday, December 18, 2013

Soulmate



“You are my soulmate. Kaulah belahan jiwaku”. Kita pasti sering mendengar ungkapan di atas. Soulmate adalah sebuah istilah yang kerap digunakan oleh seseorang yang sedang dimabuk cinta untuk pasangannya.
Soulmate berasal dari bahasa Inggris yang terdiri dari dua kata, yaitu soul dan mate. Soul berarti jiwa, mate berarti pasangan. Jika digabungkan berarti pasangan jiwa. Namun dari segi istilah, di Indonesia dapat diartikan sebagai belahan jiwa. Namun ada cerita lucu yang berkaitan dengan asal mula lahirnya istilah soulmate atau belahan jiwa. Disebutkan bahwa seorang filsuf Yunani ternama yang kita kenal bernama Plato adalah yang pertama menggunakan istilah ini (soulmate).
Menurut Plato dahulu pada jaman Yunani Kuno tatkala bangsa Yunani masih hidup di jaman dewa-dewi, manusia saat itu hanya terdiri dari satu jenis saja. Artinya tidak ada pria maupun wanita. Hanya ada satu jenis sosok manusia yang memiliki empat lengan, empat kaki, dan dua kepala (eits!, jangan dibayangkan). Yah, seperti kita ketahui, terutama bagi kalian yang suka menonton film-film fiksi berlatar jaman Yunani Kuno seperti Hercules, Perseus, Xena, pasti tidak asing dengan karakter-karakter monster mengerikan dengan gambaran raksasa, manusia setengah kuda, bermata satu, berkepala empat dan serupanya.
Dengan memiliki dua kepala otomatis membuat mereka cenderung lebih cerdas (punya dua otak), lebih kuat (punya empat lengan) dan lebih cepat (empat kaki). Nah, melihat kondisi ini, Zeus sebagai ketua para dewa Yunani atau bisa dikatakan Tuhan mereka merasa agak terancam dengan kekuatan manusia ini. Sehingga Zeus pun melakukan suatu terobosan untuk meminimalisir kekuatan manusia ini. Zeus membelah setiap manusia tadi menjadi dua bagian yang masing-masing memiliki satu kepala, dua lengan, dua kaki dan setiap belahan memiliki jenis kelamin yang berbeda, pria dan wanita. Persis seperti kondisi manusia saat ini.
Nah, inilah yang kemudian menjadi alasan Plato dengan istilah Belahan Jiwa – nya. Hingga istilah belahan jiwa atau soulmate menjadi sangat populer seperti saat ini. Setiap manusia pria dan wanita yang dilahirkan ke dunia akan dipertemukan kembali dengan pasangannya atau belahan jiwanya masing-masing (baca: jodohnya).
Yah, apapun cerita di balik terciptanya istilah soulmate, percaya atau tidak percaya, sebenarnya soulmate atau belahan jiwa hanya sebuah istilah untuk menggembarkan bagaimana kita menganggap seseorang yang sangat dekat dan sangat kita cintai, kita sayangi sehingga kita merasa bahwa mereka adalah bagian dari diri kita. Tidak ada satupun manusia yang tahu persis siapa belahan jiwanya, siapa jodohnya. Tuhanlah yang Maha Tahu segalanya. Kita manusia hanya mampu berusaha menemukan seseorang yang dirasa pas dengan kita. Semuanya tentu kembali kepada kita masing-masing bagaimana cara kita menemukannya.

By Aszhe





No comments:

Post a Comment

Leave a comment, please.......:)

Wahai Diriku....

Dzikir inilah yang setiap hari paling sering kita lafadzkan....

Suamiku....suamiku
Istriku.......istriku
Anakku......anakku
Hartaku.....hartaku
Pangkatku...pangkatku

Lalu mana....
Allah-ku......Allah-ku
Selamatkan aku...Selamatkanlah aku
Ampuni aku......Ampunilah aku


uje - - - huruf kecil saja