Saturday, February 8, 2014

KANDUNGAN MADU part II



Pada jaman dahulu teknik pengolahan madu masih dengan cara tradisional, dimana sarang lebah diperas agar madu keluar. Perasan madu tersebut disaring sehingga madu bisa menjadi jernih. Dengan adanya perkembangan jaman maka bisa diketahui bahwa di dalam sarang lebah tersebut ada bahan-bahan yang ternyata berkhasiat luar biasa dan mengandung khasiat dan manfaat yang menyembuhkan. Adapun kandungan di dalam sarang lebah tersebut adalah:

Bee Pollen
Merupakan serbuka sari yang dibawa oleh lebah pada kantong kakinya, dimana lebah memiliki semacam unsur sensor yang membuat lebah mengetahui serbuk sari yang sudah matang untuk dibawa ke dalam sarang. Serbuk sari tersebut merupakan “roti lebah” yang ternyata kaya akan kandungan protein dan asam amino. Bee Pollen inilah yang membuat madu juga kaya akan kandungan enzim dan protein yang sangat bermanfaat membantu enzim pencernaan dan merupakan bahan baku untuk pembentukan sel inti (DNA). Sehingga sangat berguna untuk pemulihan kondisi sehabis sakit dan meningkatkan kondisi tubuh dan stamina. Sehingga sangat bagus untuk para atlet atau kita yang memiliki aktifitas tinggi.

Bee Propolis
Merupakan bahan pembentuk sarang lebah dimana lebah
mengambil getah pohon pinus-pinusan lalu dicampurkan dengan enzim yang keluar dari perutnya. Mempunyai bahan aktif Flavonoid, dimana merupakan suatu zat yang merupakaan antioksidan yang berfungsi menetralisir radikal bebas yang merupakan racun dalam tubuh manusia. Fungsi anti bakteri dan anti jamur merupakan pertahanan dasar lebah terhadap koloni di dalam sarangnya berasal dari zat ini juga. Salah satu fungsi dari antioksidan yang juga merupakan pertahanan dasr tubuh menjaga stabilitas pertumbuhan sel yang tumbuh di luar kewajaran dan menuju keganasan seperti kanker.

Propolis antara lain berfungsi sebagai penguat struktur sarang, pereduksi getaran, sistem pertahanan terhadap gangguan dari luar seperti serangga lain atau tikus, pengendali parasit, dan pemroses sampah. Sampah? Ya. Lebah adalah hewan sangat sadar akan arti pentingnya kebersihan. Keistimewaan lain dari lebah, selain patuh kepada pemimpinnya (Ratu Lebah), juga mampu memandu rekan-rekannya mendapatkan bunga bernektar, membangun sarang heksagonal yang efisien, memiliki elektrostatis yang dapat menyedot serbuk sari dan mineral berbobot ringan, juga memiliki kebiasaan untuk bolak-balik membuang sampah keluar dari sarangnya.

Tidak semua sampah dapat dibuang, sebagian di antaranya haruslah didaur ulang di dalam sangkar. Propolislah yang berfungsi sebagai pendaur ulang sampah, kemampuan mengurai protein dan unsur organik di dalam tubuh penyusup menunjukkan adanya aktivitas enzim protease yang cukup kuat di dalam propolis. Ternyata selain memiliki enzim pengurai, propolis diduga pula memiliki zat aktif anti jamur dan anti mikroba patogen. Karena itu, propolispun kemudian termasuk unsur sarang lebah yang mengandung khasiat penyembuhan selain madu itu sendiri. Hal inilah yang membuat madu mempunyai efek penguraian bahan-bahan yang tidak berguna lagi dalam tubuh (detoksifikasi), seperti sisa asam urat dan kolesterol yang menumpuk pada penderita kelainan metabolisme.

Royal Jelly
Sering kali disebut sebagai susu lebah, di mana larva lebah dberi makan oleh lebah perawat (nurse bee) dengan royal jelly ini. Setiap larva lebah diberikan royal jelly yang dihasilkan dari kelenjar hipofaringeal lebah perawat selama 3 hari awal kehidupan mereka. Kecuali calon lebah ratu dimana mereka diberikan makan royal jelly setiap harinya, hal inilah yang membuat lebah ratu memiliki umur masa hidup jauh lebih panjang dari lebah biasa. Ternyata royal jelly ini mempunyai kandungan zat-zat yang berfungsi memelihara dan meregenerasi sel. Sehingga efek anti aging/awet muda pada madu diduga berasal dari cairan putih ini.

Dikutip dari :

Buku The Miracle of Honey  Tuntunan Rasulullah saw dan Gaya Hidup Muslim. By dr. Tauhid Nur Azhar & Bambang Trim (terbitan Illuminate, Surabaya)

No comments:

Post a Comment

Leave a comment, please.......:)

Wahai Diriku....

Dzikir inilah yang setiap hari paling sering kita lafadzkan....

Suamiku....suamiku
Istriku.......istriku
Anakku......anakku
Hartaku.....hartaku
Pangkatku...pangkatku

Lalu mana....
Allah-ku......Allah-ku
Selamatkan aku...Selamatkanlah aku
Ampuni aku......Ampunilah aku


uje - - - huruf kecil saja